Pages

Subscribe:

Friday 5 April 2013

Instalasi PC Router di Ubuntu Server 12.0


Baik,sebelum nya saya sudah menjelaskan bagaimana instalasi PC Router.tetapi,sekarang ini instalasi PC Router yang saya sharing di sistem operasi Linux Ubuntu Server.secara detail sudah saya jelaskan apa maksud dari PC Router di postingan sebelum nya.


PC Router 
kedua kata di atas memiliki makna tersendiri,PC ( Personal Computer ).sedangkan Router          
adalah yang menghubungkan beberapa jaringan atau network,baik menggunakan topologi 

sama ataupun berbeda.kesimpulan nya PC Router adalah PC yang di modifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan seperti Router.

Gambaran nya seperti :



secara garis besar gambaran nya sudah nampak pada gambar di atas.tetapi,saya akan membahas gambaran yang sudah saya sediakan di bawah ini :






Langsung saja,saya akan membuat petunjuk instalasi PC Router di Ubuntu Server 12.0 :



Sesuaikan Alamat IP Address Yang Anda Pakai 


1. Pasang IP address nya di /etc/network/interfaces.
#nano /etc/network/interfaces

 -------------------isi nya--------------------
 the primary network interfaces
 auto eth0
 iface eth0 inet static
 address 192.168.2.254
 netmask 255.255.255.0
 gateway 192.168.2.254
 broadcast 192.168.2.255

 auto eth1
 iface eth1 inet static
 address 192.168.5.1
 netmask 255.255.255.0
 broadcast 192.168.5.255
 -------------------isi nya--------------------

2. Pasang IP DNS nya di reslov.conf
#nano /etc/resolv.conf

 ------------------isi nya----------------
 nameserver 8.8.8.8
 nameserver 8.8.4.4
 ------------------isi nya----------------

3. Restar konfigurasi Ip Address ketika sudah mengubah alamat Ip Address

#/etc/init.d/networking restart

4. Aktifkan IP_Forward
#nano /etc/sysctl.conf 

---------------cari baris---------------

          #net.ipv4. ip_forward=1

------------hapus pagar nya-----------

            net.ipv4. ip_forward=1

----------------------------------------

5. Aktifkan IPtables
    Alamat IP Address 192.168.5.1 adalah IP address yang di tujukan ke Client ( eth1 )
/sbin/iptables -t nat -A POSTROUTING -s 192.168.5.1/255.255.255.0 -d 0/0 -j MASQUERADE

6. Terakhir, simpan script IPtables yang diketik tadi di rc.local
#nano /etc/rc.local
 ------------------------------------------ketik di atas EXIT=0--------------------------------------

/sbin/iptables -t nat -A POSTROUTING -s 192.168.5.1/255.255.255.0 -d 0/0 -j MASQUERADE

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------

Masalah Yang pernah saya dapati :

1. Tidak bisa terkoneksi internet
    berkemungkinan kalau internet belum terkoneksi karena :
    - IP DNS nya belum terpasang
       #nano /etc/resolv.conf
    - Routing nya belum ada
       #route -n
       #route add default gw 192.168.2.254 ( ip gateway eth0 )
    - Salah satu Ethernet nya belum aktif
       #ifconfig |more
       #ifconfig eth0/eth1 up
       OR
       #ifup eth0/eth1

2. Tidak bisa PING dari server ke client.tetapi,sebalik nya bisa.
     itu biasa nya terjadi karena Client.terutama pada Firewall antivirus nya.saya terjebak
     di permasalahan ini karena Firewall antivirus ESET saya.jadi,coba non-aktfkan Firewall
     antivirus anda terutama yang memakai ESET.

Mungkin hanya itu yang bisa saya berikan,semoga membantu :D

0 comments:

Post a Comment